Mengenal Alat Sablon Kaos Manual

posted in: Artikel | 0

Mengenal Alat Sablon Kaos Manual – Berbicara mengenai dunia Sablon memang sangat menarik, dimana Sablon kaos manual masih banyak peminatnya tidak kalah pamor dari sablon digital. Beberapa alat Sablon kaos manual dalam artikel ini dapat dijadikan bahan rujukan.

Bisnis sablon kaos masih menjanjikan dan cukup menguntungkan bagi siapapun yang serius menjalankan usaha sablon. Pasar bisnis sablon kaos manual sangat terbuka lebar.

Adapun teknik sablon dengan cara manual ini dapat di cetak pada beberapa media seperti gelas, plastik, kain, kertas, kaos, stiker dll. Hal ini menjadikan cetak sablon dengan cara manual sangat menarik dan banyak kursus sablon bermunculan di berbegai tempat untuk mendalami teknik sablon dengan baik dan meningkatkan ketrampilan.

Sebelum anda serius menekuni bisnis sablon ini, beberapa alat untuk mencetak sablon manual harus diketahui.

Alat Sablon Kaos Manual

Screen

Screen adalah sejenis kain yang berfungsi untuk menyaring tinta sablon yang terbuat dari bahan polyester atau nylon. Adapun besarnya nomor screen menunjukan kerapatan pori-pori dari screen. Kain saring atau screen ini terdiri dari beberapa jenis ukuran mesh atau lubang. Adapun Ukuran mesh ditentukan berdasarkan jumlah lubang yang terbuka dalam 1 cm persegi ( 1 cm x 1 cm ), ada juga yang menentukannya berdasarkan satuan inch persegi. Penentuan ukuran mesh ini tergantung dengan standar mana yang diterapkannya.

Jenis-jenis Screen

  • Screen 165 T – 200 S: Screen yang memiliki tingkat pori-pori yang cukup rapat dan halus sehingga pemakaian tinta yang sedikit dan pada umumnya digunakan pada media plastik dan mika.
  • Screen 120 T – 150 T: Screen dengan tingkat pori-pori yang sedang atau agak rapat, Pemakaian tinta sedang dan pada umumnya digunakan pada media kertas dan stiker.
  • Screen 48 T – 90 T: Screeen yang memiliki tingkat kerapatan pori-pori yang kasar. Screen jenis ini banyak digunakan dalam pekerjaan sablon kaos manual.

Rakel

Rakel digunakan untuk menyebarkan tinta ke screen dengan cara ditekan supaya tinta dari screen tersalurkan secara merata dalam media yang kita sablon. Disamping itu Rakel juga merupakan peralatan utama dalam sablon manual. Pada umumnya Rakel terbuat dari karet dimana pegangan nya terbuat dari bahan kayu.

Jenis-jenis Rakel

  • Rakel tumpul: Bentuknya datar mampu dapat menyapu tinta dalam jumlah yang cukup banyak. Rakel tumpul ini sangat baik dipergunakan pada bahan kaos handuk dan selimut
  • Rakel bulat: Mempunyai bentuk pada ujungnya bulat kelebihannya mampu menyapu tinta dengan jumlah yang cukup banyak dan tebal. Umumnya dipakai dalam teknik sablon dengan memakai tinta yang berwarna menyala dan kontras seperti warna rambu rambu jalan
  • Rakel lancip: Rakel ini mempunyai dua sisi miring yang simetris dengan ujung yang lancip. Rakel lancip dipergunakan dalam menghasilkan detail gambar yang tajam dan presisi
  • Rakel lancip dengan ujung datar: Bentuknya Seperti rakel lancip dimana perbedaanya terletak pada ujungnya yang berbentuk datar, sehingga dapat menyalurkan tinta lebih banyak. Rakel lancip dengan ujung datar pada umumnya dipergunakan pada saat menyablon keramik.
  • Rakel miring: Mempunyai bentuk satu permukaan miring dengan ujung lancip. rakel jenis ini digunakan pada saat menyablon dengan jumlah tinta  sedikit kebanyakan digunakan pada media plastic
  • Rakel kotak: Bentuknya datar dengan kedua sudut lancip pada umumnya digunakan untuk penyablonan dalam media kertas dengan tekstur kasar

Meja sablon

Meja sablon digunakan untuk memudahkan dalam proses sablon, posisi meja sablon harus datar. Meja sablon adalah peralatan utama yang dibutuhkan dalam proses sablon kaos. Beragam bentuk dan jenis dari meja sablon mulai dari model sederhana sampai otomatis. Saat ini banyak jenis meja sablon yang dipergunakan dalam industri sablon rumahan hingga pabrik.

Meja sablon sederhana pada umumnya berukuran kecil dimana harganya lebih murah, meja ini cocok untuk anda yang baru mulai belajar menyablon. Tetapi kita tidak bisa terpaku hanya pada harga dan ukuran saja karena beberapa hal lain perlu dipertimbangkan seperti ukuran dan lokasi yang tersedia agar tidak makan tempat. Hal utama yang perlu diperhatikan dari meja sablon kaos manual yaitu tingkat presisi mudah dalam perawatan serta fleksible.

Demikian sedikit ulasan Mengenal Alat Sablon Kaos Manual, semoga informasi ini menambah pengetahuan bagi anda yang ingin mengetahui  sablon kaos manual.